17 Mei 2024
Pertanian

Ketua BEM, Paslon 02 Raih Suara Terbanyak pada Pesta Demokrasi Polbangtan Kementan

post-img
POLBANGTAN MEDAN: Hasil dari penghitungan suara memastikan Paslon nomor urut dua, Agung Setiawan dan Raihan Azhar untuk memimpin BEM. Paslon nomor urut satu, Zainal Abidin dan Riki Rahmadani sebagai ketua dan wakil ketua BPM.

MEDAN - Agung Setiawan dan Raihan Azhar terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa [BEM] Polbangtan Medan periode 2024 - 2025 melalui Pemilihan Raya [Pemira] yang diikuti mahasiswa/i pada pesta demokrasi di kampus Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] di Medan, Sumatera Utara, Senin [4/3].

Kegiatan Pemira digelar rutin setiap tahun untuk memilih calon terbaik, untuk memimpin organisasi kemahasiswaan  bagi kemajuan Polbangtan Medan. Terdapat dua pasangan calon [Paslon] ketua BEM, Badan Permusyawaratan Mahasiswa [BPM], Himpunan Mahasiswa Jurusan Pertanian [HMJ Tan] dan kandidat tunggal dari HMJ Perkebunan.

Upaya Polbangtan Medan sejalan arahan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman untuk membangun ekosistem baru di sektor pertanian agar anak-anak muda mempunyai ruang untuk untung dan berkembang sehingga sektor agro menjadi idola anak muda.

“Saya ingin anak-anak muda Indonesia melirik pertanian sebagai sektor yang diunggulkan," katanya.

Hal senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi bahwa Program YESS mendukung terwujudnya regenerasi pertanian, meningkatkan kompetensi SDM pertanian dan jumlah wirausahawan muda pertanian.

"Mereka akan memanfaatkan sumberdaya alam pedesaan, secara optimal, profesional, menguntungkan dan berkelanjutan.  Tentunya mereka akan siap menghadapi era milenial," katanya.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Pemira tersebut, dalam upaya Kementan mendorong dan mengawal lahirnya lebih banyak petani muda dan wirausahawan muda pertanian bagi pencapaian ketahanan pangan nasional.

"Kegiatan tersebut sejalan dengan upaya Kementan melalui UPT [unit pelaksana teknis] pendidikan untuk mewujudkan generasi milenial yang mumpuni sehingga mampu mewujudkan sektor pertanian maju, mandiri dan modern," katanya.

Yuliana menambahkan visi dan misi Polbangtan yakni menjadikan Polbangtan Medan menghasilkan lulusan berakhlak profesional, berdaya saing dan berjiwa entrepreneur di bidang pertanian.

Kegiatan Pemira berlangsung di aula kampus, yang diikuti antusias mahasiswa/i Polbangtan Medan dalam mengikuti kegiatan pesta demokrasi yang diselenggarakan, sehingga kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar.

Pemungutan suara berakhir pukul 14:00 waktu setempat,   dilanjutkan lagi dengan penghitungan suara pukul 14:30. Kegiatan pemungutan suara juga diikuti oleh dosen, pegawai dan seluruh mahasiswa Polbangtan Medan. Sementara saat penghitungan dihadiri oleh Wakil Direktur III, Bimtan dan saksi dari masing-masing kandidat.

Hasil dari penghitungan suara memastikan Paslon nomor urut dua, Agung Setiawan dan Raihan Azhar untuk memimpin BEM. Paslon nomor urut, Zainal Abidin dan Riki Rahmadani sebagai ketua dan wakil ketua BPM. Paslon Fahrur Rozi dan Fachri Fathurrahman terpilih memimpin HMJ TAN dan Paslon tunggal, Alif Lingga Marpaung dan Bagus Kesuma sebagai ketua dan wakil ketua HMJ BUN. [yennizar/ira/timhumas polbangtanmedan]

 

 

Artikel Lainnya

Tentang Kami

Kami Menyajikan informasi terkini dan terbaru seputar ekonomi, politik, hiburan , mancanegara, dan gaya hidup