17 Mei 2024
musik

Potongan Rambut John Lennon Terjual Ratusan Juta di Texas

post-img
LEGENDA BEATLES: Mendiang John Lennon (kiri atas), potongan rambut John Lennon yang dipangkas (tengah atas) sebelum syuting film perang `How I Won the War`(kanan atas), gitar Gibson John Lennon (kiri bawah) dan sampul album piringan hitam The Beatles (Foto2: MailOnline)

POTONGAN rambut John Lennon yang dipangkas saat ia berperan sebagai aktor dalam sebuah film telah terjual seharga Rp460 jutaan melalui sebuah lelang.

Lembaga lelang Heritage Auctions yang berbasis di Dallas mengatakan Sabtu pekan lalu potongan rambut sepanjang  10,16 cm dibeli oleh Paul Fraser, seorang kolektor memorabilia asal Inggris.

Seorang penata rambut Jerman menyimpan potongan rambut Lennon setelah memangkas rambut sang musisi sebelum vokalis The Beatles mulai syuting film ´How I Won the War,´ komedi satir yang dirilis pada 1967.

Film ini menceritakan tentang Perang Dunia II dari pasukan Inggris yang dipimpin oleh seorang komandan yang tidak kompeten.

Rambut adalah salah satu dari beberapa item dari The Beatles yang menjadi obyek lelang.

Sebuah foto dari ikon musik dunia yang ditandatangani oleh keempat anggota The Beatles terjual Rp560 jutaan.

Sementara salinan tersegel yang terkait sampul album ´Yesterday and Today´ berhasil terjual Rp1,6 miliar.

Sesuatu yang aneh di pandangan kebanyakan orang, setelah mengetahui hasil dari penjualan rambut orang-orang terkenal adalah bisnis yang menguntungkan, seperti dilansir MailOnline.

Kolektor memorabilia Paul Fraser juga memiliki sehelai rambut Marilyn Monroe, yang laku terjual hampir Rp8 jutaan, sementara penggemar Justin Bieber yang dijuluki Beliebers juga bisa memiliki sehelai rambut sang bintang dengan harga yang sama.

Elizabeth Taylor dan Geronimo - pemimpin asli Amerika terkemuka - rambutnya juga laku terjual.

Saat melelang potongan rambut Lennon, kantor lelang the Heritage Auctions mengatakan: "Sepanjang pengetahuan kami, inilah potongan rambut Lennon yang pernah dijual melalui lelang."

"Benda lelang didukung data spesifik berupa tanggal dan lokasi yang dikoleksi pemilik asli dengan usia hampir 50 tahun ini."

´Potongan rambut ini diperoleh hanya sebulan setelah rilis album legendaris The Beatles, Revolver."

Meskipun begitu, seikat rambut Lennon pernah terjual Rp630 jutaan pada 2007 kepada pembeli yang tidak diketahui.

Rambut tersebut disimpan dalam sebuah sebuah buku yang diberikan kepada penata rambut Betty Glasgow dan bertuliskan pesan: ´Untuk Betty, yang saya cintai dan Rambut, John Lennon, xx´

Memorabilia terkait dengan John Lennon berhasil terjual dengan nilai tertinggi di lelang akhir-akhir ini, menurut situs Paul Fraser.

Tahun lalu gitar akustik Gibson yang digunakan untuk menulis beberapa hits terbesar Beatles laku terjual hingga Rp31,9 miliar.

Gitar tersebut dilelang oleh Julien´s Action di Los Angeles, dengan harga lelang naik 200% dari harga perdana yang ditawarkan petugas lelang.

Gitar tersebut menjadi sangt bernilai karena dipakai Lennon untuk menulis beberapa lagu awal band ini, antara lain Please Please Me dan I Want To Hold Your Hand.

Namun gitar itu hilang karena dicuri setelah konser Natal pada 1963 dan kemudian ditemukan.

Pakar instrumen The Beatles Andy Babiuk kepada Paul Fraser pada saat lelang mengatakan: "Ini adalah salah satu barang paling penting dari semua gitar Lennon, karena ia menggunakan gitar J-160E untuk menulis beberapa lagu hits terbesar The Beatles dan ´pernah digunakan pada pertunjukan live yang tak terhitung jumlahnya dan pada banyak rekaman The Beatles."

"Ini tidak diragukan lagi salah satu benda yang paling historis dan penting dari gitar yang pernah digunakan untuk pelelangan."

Ini memecahkan rekor sebelumnya untuk gitar terlaris tertinggi yang dijual pada saat lelang, milik Bob Dylan merek Newport Stratocaster 1965 yang laku terjual Rp12,8 miliar.

Artikel Lainnya

Tentang Kami

Kami Menyajikan informasi terkini dan terbaru seputar ekonomi, politik, hiburan , mancanegara, dan gaya hidup