17 Mei 2024
Beatles

Kertas Lirik Asli Hey Jude Terjual Rp13,65 Miliar

post-img
Karya seni dari Sir Paul McCartney, dibuat ketika dia masih menjadi mahasiswa di Liverpool.

Jakarta (Kepo) - LIRIK LAGU tulisan tangan Paul McCartney untuk lagu Beatles Hey Jude telah terjual Rp13,65 miliar [US$910.000] lima kali dari perkiraan hasil lelang.

Selembar kertas berisi lirik parsial untuk lagu Hey Jude yang ditulis McCartney untuk putra pertama John Lennon, Julian.

Baris dalam lirik diberi nomor satu hingga empat dengan notasi seperti kata ´break´.

Diperkirakan tulisan tangan tersebut membantu McCartney atau John Lennon menyusun aransemen lagu ketika mereka merekam lagu klasik Beatles di Trident Studios di London pada 1968.

Paul McCartney kemudian memberikan selembar kertas kepada teknisi studio rekaman.

Lirik tulisan tangan dijual dengan foto yang diambil di dalam studio pada saat itu dengan selembar kertas terlihat jelas di sebelah John Lennon.

Liriknya dikirim untuk dijual oleh seorang kolektor pribadi. Harga lelang tertinggi diestimasi sekitar Rp2,6 miliar tapi kemudian harga tersebut terus meroket dengan meningkatnya peminat pada Lelang Julien yang berbasis di AS.

Juga dalam penjualan, drumhead bass bertuliskan Beatles yang merupakan bagian dari kit drum cadangan untuk Ringo Starr untuk tur AS pertama band ini pada 1964 dihargai lebih Rp3 miliar.

Catatan pembuatan film untuk video Hello Goodbye! pada 1967 berisi catatan oleh McCartney dilelang lebih Rp1 miliar.

McCartney, yang menyutradarai video itu, menulis bagaimana dia ingin satu frame menjadi ´C..U J lalu R (you say yes)´ - sebuah penutup dari John dan Ringo Starr.

Pelelangan lebih dari 250 lot Beatles dijadwalkan akan diadakan di Hard Rock Cafe di New York, tetapi setelah wabah coronavirus terjadi maka kegiatan lelang berlangsung secara online.

Darren Julien, presiden Julien Auctions, mengatakan: ´Lirik Hey Jude diselesaikan oleh Paul McCartney selama berlangsungnya rekaman.´

"Apa yang membuat mereka begitu luar biasa adalah bahwa ada foto-foto dan rekamannya menggunakan lirik yang disusun sementara kegiatan rekaman berlangsung tergolong sangat langka."

Di antara barang-barang lain yang dijual di pelelangan adalah rekaman pernis asli album Beatles Get Back, yang diyakini dibuat oleh produser Glyn Johns, yang dijual seharga Rp520 juta.

Juga dijual adalah rekaman asli dari penampilan Beatles pertama di Lathom Hall di Liverpool pada 14 Mei 1960. Itu harganya lebih Rp400 juta.

Karya seni dari Sir Paul McCartney, dibuat ketika dia masih menjadi mahasiswa di Liverpool, dijual hampir Rp400 juta, lebih dari 14 kali harga di brosur lelang.

Dan foto ´BAGISM´ Lennon dan Yoko Ono, ditampilkan dalam film dokumenter Bed In Peace tahun 1969 yang dibuat pasangan itu sebagai bagian dari demonstrasi mereka melawan Perang Vietnam, dijual lebih Rp1,5 miliar seperti dilansir MailOnline.

Artikel Lainnya

Tentang Kami

Kami Menyajikan informasi terkini dan terbaru seputar ekonomi, politik, hiburan , mancanegara, dan gaya hidup